STB untuk Nonton TV Digital

Menjelang peralihan TV dari analog ke digital yang secara total akan dilakukan November 2022 mendatang orang tua meminta saya mencarikan set top box (STB) tv digital. Uang pun diberikan Jumat 8 April 2022 sebesar RP200.000. Setelah menerima uang itu saya kembali ke Pontianak dan mulai berburu STB hari Minggu 10 April 2022. Ada dua toko elektronik di jalan Prof. DR. M. Yamin, Kota Baru, Pontianak yang saya datangi. Di Toko pertama harga STB yang ditawarkan Rp275.000 dan Rp225.000. Karena di atas uang yang diberikan saya pun ke toko elektronik lainnya. Beruntung di toko elektronik tersebut meski merk STB yang dijual sama dengan di toko elektronik pertama namun harganya Rp200.000 atau sesuai budget. Tanpa pikir panjang saya membeli STB tersebut terlebih menurut penjualnya sudah dicoba dan diset jadi tinggal digunakan saja.

 

Hari Selasa 12 April 2022 saya pulang ke kampung yaitu Desa Lingga, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya untuk mengantarkan STB tersebut. Saat ingin dicoba di TV ternyata soket di kabel antenanya berbeda meski jenis antena menggunakan booster. Akhirnya orang tua pun membeli antena baru yang khusus tv digital harganya Rp245.000. Kami kemudian memasangnya dengan ketinggian sekitar 15 meter atau lebih rendah dari ketinggian antena analog sebelumnya. Hasilnya, sangat jernih seperti menggunakan parabola.



Proses pemasangan antena dan STB digital di Desa Lingga


Untuk sementara hanya Indosiar, Mentari TV, RTV, SCTV, Net TV, Kompas TV, TVRI Kalbar, TVRI Nasional, TVRI World, TVRI Sport, Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia dan CNBC saja yang dapat ditangkap, karena memang untuk MNC group, Viva group dan Metro TV siaran digitalnya belum mengudara. Namun tayangan ini cukup untuk memberikan hiburan di kampung terlebih siaran bola seperti liga Champions eropa tidak diacak di siaran digital ini. Karena melihat hasil tayangannya yang sangat jernih saya pun memesan satu lagi STB melalui aplikasi bukalapak yang akan tiba pada 22 April 2022 mendatang.

 

Itu dia keunggulan beralih ke siaran tv digital, gambarnya jernih, suaranya bagus dan tayangannya gratis. Ayo beralih ke siaran TV digital.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama