Liputan Persiapan Imlek 2022 di Pontianak

Tampak depan kelenteng Kwan Tie Bio Jl. Diponegoro Pontianak, Sabtu (29/01/2022)

Sabtu pagi (29/01/2022) seperti biasa saya berangkat ke kantor karena setiap Sabtu dapat shift pagi sedangkan hari-hari lainnya dapat shift siang. Jika biasanya melewati jalan Purnama, kali ini saya melewati ruas jalan Prof. M. Yamin Pontianak, Kalimantan Barat. Tiba di ruas jalan Diponegoro saya tertarik melihat persiapan imlek 2573 di satu di antara rumah ibadah tertua milik warga Tionghoa di Kota Pontianak, yaitu kelenteng Kwan Tie Bio. Karena jam masih menunjukkan pukul sembilan, saya kemudian singgah dan mulai melakukan pengambilan video menggunakan handphone.

Setelah mengambil dua sampai tiga angle saya bertemu dengan penjaga kelenteng bernama Budi. Beliau dengan senang hati menerima kedatangan saya dan bersedia diwawancara. Dia mengatakan, menjelang imlek tahun 2022 yang jatuh hari Selasa, 1 Februari, tidak banyak persiapan yang dilakukan selain membersihkan kelenteng, memasang lampion, lilin besar yang merupakan sumbangan dari para donatur dan tenda. Khusus untuk tenda pak Budi mengatakan, tahun ini disediakan tenda untuk replika macan sesuai dengan tahun 2022 yang merupakan tahun macan air.

Suasana di dalam kelenteng

Pak Budi juga mengatakan, selain ibadah tidak ada kegiatan lain di kelenteng Kwan Tie Bio pada imlek tahun ini kecuali pada perayaan Cap Go Meh atau hari ke-15 imlek nanti. Sebab setiap tahunnya, kelenteng Kwan Tie Bio menjadi pusat kegiatan ritual naga buka mata.

Pak Budi (Penjaga Kelenteng Kwan Tie Bio)

Pak Budi berharap, agar perayaan imlek tahun ini berjalan aman dan lancar serta diberikan rezeki sepanjang tahun.

Usai melakukan wawancara saya pamit kepada pak Budi. Beliau berharap, agar saya datang lagi nanti melakukan peliputan saat perayaan imlek. 

Tiba di kantor saya kemudian mengolah hasil liputan untuk ditayangkan pada program berita siang ruai televisi pukul 12.30 WIB. Serunya liputan!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama