Channel YouTube di Hack

Ilustrasi Hacker Unsplash.com


Hari ini Minggu, 24 April 2022 ini tepat tiga minggu Channel YouTube saya R Channel dinonaktifkan oleh YouTube.

 

Awalnya Minggu malam, 3 April 2022 lalu, channel yang sudah seribuan subscriber itu di hack. Saat di hack itu, channel saya tiba-tiba menyiarkan video zoom meeting orang terkaya di dunia versi Forbes. Meski siaran itu di channel saya namun foto profil channelnya berubah menjadi Ark Invest. Saat siaran langsung itu video-video saya menjadi privat atau ke setelan pribadi.  Saya tunggu hingga sekitar pukul 20.00 WIB tidak ada perubahan hingga akhirnya sekitar pukul 21.00 WIB channel saya dinonaktifkan oleh YouTube karena dianggap menyalahi aturan tentang produk. Kaget sudah pasti, karena saat peristiwa itu terjadi saya tidak melakukan apapun terhadap channel saya dan saya hanya mengikuti apa saja yang terjadi saat channel di hack.

 

Karena hingga hari Senin, 4 April 2022 channel saya tak kunjung kembali saya kemudian membuat laporan ke YouTube dengan mengirimkan email, menceritakan yang sebenarnya terjadi dan berharap agar channel saya segera diaktifkan kembali. di email balasan YouTube mengatakan, akan mempelajarinya dan dalam waktu dua atau tiga hari akan ada balasan, namun hingga kini belum ada balasan apapun.

 

Baru kali ini saya mengalami peristiwa akun YouTube di hack sejak pertama kali memiliki channel YouTube tahun 2012 lalu. Para Hacker ini hanya menyerang channel YouTube sedangkan email sepertinya mereka sulit masuk karena harus melalui verifikasi dua langkah, sehingga saat di hack tidak ada pemberitahuan ke email tahu-tahu channel YouTube sudah berubah.

 

Saat ini saya hanya menunggu channel YouTube saya diaktifkan kembali. Semoga bisa secepatnya.

 

di lihat dari banyak kasus yang terjadi, karena bukan punya saya saja yang di hack namun sejumlah channel besar juga mengalaminya, sepertinya pelaku melakukannya secara random. 


Jadi buat teman-teman yang memiliki channel YouTube harus waspada, karena peristiwa ini bisa menimpa channel manapun meskipun pengamanannya sudah diperketat dengan verifikasi dua langkah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama