Aransemen Lagu Dayak Lawas Pamula’atn


Markus, warga Desa Lingga, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, memiliki beberapa lagu berbahasa Dayak Kanayatn. Dua di antaranya yang saya ketahui yaitu Ngalapasatn Rindu (melepaskan janji) dan Pamula'atn (pertama kali). Khusus untuk lagu Ngalapasatn Rindu sudah saya aransemen, nyanyikan dan upload ke YouTube tahun 2019 lalu. Sedangkan untuk lagu Pamula'atn meski nada dan liriknya sudah saya peroleh tahun 2020 lalu, namun baru Maret 2022 ini saya aransemen.

Untuk lagu Pamula'atn ini saya sempat bingung menentukan jenis musik yang akan digunakan apakah pop, rock atau dangdut, hingga akhirnya dalam perjalanan pulang ke rumah Kamis sore (24/03/2022) saya memperoleh inspirasi mengaransemen lagu itu. Saya akhirnya menetapkan pilihan mengaransemennya bergaya pop R&B. Karena penasaran, pukul 21.00 WIB saya memindahkan keyboard dari ruangan yang biasanya saya gunakan untuk rekaman musik ke ruangan kerja. Sekitar tiga jaman saya merekam musik mulai dari keyboard sampai gitar. Pukul 23.40 WIB rekaman musik akhirnya selesai dan saya pun beristirahat.

 

Bangun pagi sekitar pukul 08.00 WIB saya mulai merekam vokal. Sekitar pukul 11.00 WIB proses itu pun selesai dan saya format dalam bentuk mp3, kemudian saya upload ke YouTube sekitar pukul 12.30 WIB. Secara keseluruhan untuk hasil rekaman saya cukup puas karena cukup jernih dari rekaman-rekaman sebelumnya, ini tidak terlepas dari tutorial cara mastering musik di YouTube. Dan Sabtu (27/03/2022) saya akan bertamu ke rumah pencipta lagu untuk menyampaikan lagu ciptaannya sudah saya aransemen. Sebelumnya pada malam tahun baru 2022 lalu saya sudah meminta izin dan beliau mengizinkan. Saya juga berjanji, jika lagunya sukses setelah diaransemen, maka saya akan membagikan rezeki yang diperoleh. Amin.

 

Manfaat Sering Mengaransemen Lagu

 

Sering mengaransemen lagu membuat saya semakin terbiasa dengan musik. Jika dulu hanya sekadarnya saja, kini mulai bosan mendengarkan yang itu-itu saja sehingga semakin sering mencoba nada-nada "aneh". Kenapa saya bilang nada-nada aneh? Karena nada-nada itu sebelumnya tidak lazim untuk lagu-lagu Dayak Kanayatn yang selama ini identik dengan nada do-mi-sol saja. Saya yakin pasti ada yang tidak suka dengan lagu yang saya buat dan aransemen. Tapi saya yakin juga ada yang suka. Semoga saja, apa yang saya lakukan bisa menghibur pendengar lagu saya dan semakin banyak musisi-musisi muda yang muncul dan berani membuat dan mengaransemen lagu. Terlebih di era sekarang ini, merekam lagu sendiri bukan sesuatu yang tidak mungkin dan tidak perlu lagi repot-repot harus ke studio rekaman profesional.

 

Demikian dulu catatan kali ini. Semoga bermanfaat.


Dengarkan lagu Pamula'atn dibawah ini ya!



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama