Waspada Penipuan di Shopee

Tangkapan layar aplikasi shopee penjual palsu sinar_shoop777

Hari Sabtu (22/01/2022) menjadi kali pertama saya membeli produk secara online melalui aplikasi Shopee. Selama ini saya selalu berbelanja online di Bukalapak. Tidak berbeda dengan saat berbelanja di Bukalapak, saya cari produk yang sesuai dengan keinginan yaitu soundcard forcusite scarlett, kebetulan saya hobinya merekam lagu. Setelah memilih dan memilah, saya kemudian tertarik dengan satu penjual yang menawarkan harga sangat miring. Katanya si promo hanya enam unit yaitu Rp1.479.000 dari harga aslinya Rp4.930.000 per paket rekaman. Karena tergiur, akhirnya saya tanpa pikir panjang membeli di penjual tersebut.  Pembayaran dilakukan secara tunai di Alfamart ditambah ongkir dan administrasi menjadi Rp1.536.000. Awalnya tidak ada yang aneh, saya lihat aplikasi produk yang saya pesan sedang dikemas oleh penjual yaitu @sinar_shoop777 yang tertulis di aplikasi berada di kota Banda Aceh.

 

Sekitar satu jam pasca melakukan transaksi pembayaran, saya tiba-tiba di telepon oleh penjual via whatsapp, seorang pria, katanya ada masalah dengan pesanan, yaitu lupa mengubah perusahaan jasa pengiriman yang akan mengirimkan produk tersebut ke alamat saya. Sempat ragu apakah itu benar atau tidak, karena penjual dengan lengkap menyebutkan alamat pesanan, akhirnya saya mengikuti arahan dari penjual tersebut. Pertama-tama saya diminta menscrenshoot atau merekam layar barcode yang dikirimkan oleh penjual, kemudian masuk ke shopee pay dan melakukan beberapa langkah lainnya saya agak lupa yang jelas setelah itu pihak shopee mengirimkan pin melalui sms dan saya masukkan ke satu di antara langkah yang telah saya lalui. Setelah semua proses itu selesai, penjual meminta saya mengirimkan barcode yang telah di screnshoot, kemudian saya diminta menunggu dan tidak boleh membuka aplikasi shopee karena katanya akan mengganggu proses. Tidak sampai lima menit ada pesan masuk di aplikasi shopee yang menyebutkan penjual membatalkan pesanan dan uang saya dikembalikan ke shopee pay. Namun setelah saya cek shopee pay ternyata uang itu telah raib diambil oleh penjual. Saya kemudian mencoba menelpon penjual namun tidak diangkat. Saya kemudian mengirimkan pesan whatsapp bagaimana harus mengetahui status pesanan saya dan dibalas, katanya masih sedang proses dan nanti akan keluar status pesanannya, yang jelas pesanan akan dikirim. Saya pun sedikit lega.

 

Hari Minggu (23/01/2022) saya kembali mengirimkan pesan whatsapp kepada penjual untuk menanyakan status pesanan apakah sudah dikirimkan. Kemudian penjual membalas bahwa terjadi eror sehingga status pesanan tidak bisa ditampilkan. Nah untuk bisa menampilkan status pesanan itu, saya harus mengisi shopee pay dengan nominal seharga produk yang di pesan. Karena mulai sadar menjadi korban penipuan, saya kemudian membalas whatsapp penjual tidak mungkin itu dilakukan. Masalah perusahaan pengiriman harusnya menjadi tanggungjawab penjual, jika pun tidak bisa dikirim tinggal batalkan saja selesai masalahnya dan saya bisa membeli di penjual lainnya. Namun pesan ini tidak dibalas.

 

Kemudian di hari Senin (24/01/2022) sampai Kamis (27/01/2022) saya masih mencoba menghubungi penjual baik melalui pesan whatsapp maupun aplikasi, katanya barang sudah dikirim dan tunggu saja. Hingga Jumat pagi (28/01/2022) atau saat saya menulis catatan ini, belum ada kabar mengenai pesanan tersebut.

 

Saya berpikir, jika pun akhirnya menjadi korban penipuan, saya akan dengan ikhlas merelakan uang saya raib dengan tetap berpikir positif pelaku sedang memerlukan uang itu untuk membiayai keluarganya. Saya hanya menyerahkan persoalan ini kepada pihak shopee agar tidak membiarkan perusahaan abal-abal itu terus beroperasi karena akan merugikan konsumen lainnya dan merusak nama baik shopee. Kemudian saya menyerahkan permasalahan ini kepada Tuhan.

 

Intinya hati-hati saat berbelanja online. Jika terjadi masalah dengan pesanan dan dihubungi penjual, arahkan penjual kembali untuk menyelesaikannya secara aplikasi. Jika kemudian penjual tetap ngotot dan mengatakan pesanan tidak bisa diselesaikan secara aplikasi, segera batalkan pesanan dan beralih ke penjual lainnya. Selain itu, pilih penjual sesuai bintang yang diberikan oleh pembeli, jika bintangnya bagus disertai feedback dari pembeli bagus berbelanjalah di lapak penjual tersebut. Untuk kasus saya ini saya pun heran kok bisa menjadi korban, saat dihubungi oleh pelaku saya seperti terhipnotis dan mau saja menuruti arahannya. Hanya penyesalan yang saya rasakan. Karena bagi saya hari ini uang 1,5 juta itu sangatlah besar dan saya harus menarik tabungan di Credit Union untuk mendapatkannya. Semoga catatan ini bermanfaat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama