Ciptakan Lagu Agar Selalu Ingat Berdoa


Hari ini, Selasa (25/01/2022) saya menyelesaikan rekaman sebuah lagu lagi-lagi berbahasa Dayak Kanayatn Kalimantan Barat yang saya ciptakan dan aransemen sendiri. Lagu itu berjudul Bado'a Dolo' atau dalam bahasa Indonesia Berdoa Dulu. Lagu ini saya ciptakan untuk mengingatkan pentingnya berdoa sebelum dan sesudah beraktivitas bahkan saat hendak tidur malam hari. Selain itu, lagu ini juga mengajak untuk terus semangat menjalani kehidupan, meski tengah menghadapi cobaan berat.

 

Proses rekaman lagu dilakukan sejak Minggu (23/01/2022). Yang direkam pertama adalah musik keyboard. Tidak memerlukan waktu lama untuk merekamnya, hanya sekitar dua jam yaitu untuk suara drum dan bass belum ditambah suara musik lainnya seperti piano, strings dan flute. Setelah merekam musik saya berhenti sebentar sekitar 30 menit dan kemudian mulai menulis lirik. Nah untuk pembuatan lirik ini agak terkendala mulai dari judul lagu kemudian kata-kata yang akan digunakan. Karena otak sedang buntu akhirnya penulisannya pun dihentikan. 


Kemudian Senin sore (24/01/2022) saya kembali melanjutkan penulisan lirik. Kali ini untaian kata yang ada di kepala langsung saya nyanyikan dan rekam disesuaikan dengan musik keyboard yang sebelumnya sudah direkam di hari Minggu. Sembari merekam saya memperbaiki lirik yang belum pas. Setelah liriknya selesai, saya kemudian menyiapkan peralatan recording untuk merekam vokal agar hasilnya minimal bisa cukup baik. Untuk software yang digunakan saya menggunakan Adobe Premiere Pro CS6. Untuk mic saya menggunakan Behringer C1U. Proses take vokal dimulai sekitar pukul delapan malam. Tidak ada kendala selama proses perekaman. Setelah merekam vokal saya kemudian merekam suara gitar. Proses ini selesai sekitar pukul sebelas malam dan setelah itu tidur.

 

Selasa (25/01/2022) sekitar pukul delapan saya kembali memulai proses perekaman. Ini adalah proses perekaman terakhir yang saya lakukan yaitu menambah suara piano, strings dan flute. Proses ini cukup alot, karena salah dihapus dan begitu seterusnya hingga akhirnya sekitar pukul sepuluh, proses rekaman selesai dilakukan, lega rasanya. Setelah semuanya selesai, saya mengemas peralatan rekaman dan mulai mendengarkan hasilnya. Karena saya nilai cukup baik meskipun masih rekaman kasar, audio yang sudah dihasilkan kemudian saya format dalam bentuk MP3 dan kemudian saya upload ke channel YouTube Ray Tondi.

 

Seperti lagu-lagu ciptaan saya sebelumnya. Lagu ini jauh dari kata sempurna. Intinya saat ini saya hanya melakukan perekaman kasar. Ke depan jika memiliki peralatan yang lebih mumpuni, seluruh lagu yang telah saya ciptakan akan direkam ulang dengan kualitas audio yang lebih bagus bahkan disertai dengan video clip. Semoga saja.

 

Demikian catatan saya kali ini mengenai lagu baru yang saya ciptakan berjudul Bado'a Dolo'. Semoga terhibur dan selamat mendengarkan.


Untuk mendengarkan lagunya klik dibawah ini ya!


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama