Ciptakan Lagu Dayak Pertama Tahun 1999

Pembaca blog saya, kali ini saya akan bercerita tentang pertama kali saya membuat lagu berbahasa Dayak Kanayatn.

Saya ingat betul saat itu sekitar tahun 1999. Sepulang sekolah kelas 2 Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Pontianak, saat sedang capek-capeknya, karena pulang dengan berjalan kaki, saya baring di kamar sambil memainkan gitar. Kemudian memainkan beberapa chord atau kunci dimulai dari kunci dasar E kemudian ke C#M kemudian ke A dan B. Kok kayaknya enak ya.

Kemudian saya mencoba merasakan apa isi hati atau kegelisahan pada saat itu. Nah kebetulan saat itu sedang menaruh hati pada seorang cewek, tapi terpisah jarak. Berangkat dari itu, mulailah lirik sederhana tercipta. Mendengar saya menyanyikan lagu yang tidak sempurna itu, abang saya mengatakan bagus. Kemudian dibantu seorang teman, mulailah menentukan judul dan menyempurnakan beberapa kalimat pada lirik, hingga akhirnya bisa utuh dinyanyikan.

Lagu itu sempat menjadi andalan saat latihan band, tapi sayang tidak sampai rekaman. Baru sekitar tahun 2013 saya mencoba merekam lagu itu dengan alat sederhana dan menguploadnya di Youtube. Tidak puas dengan hasil rekaman pertama, saya coba merekam kembali di tahun 2019 dengan menggunakan soundcard, tidak hanya satu kali namun dua kali, dengan hasil yang agak bagus dari rekaman pertama meski tidak sekelas rekaman profesional. Saya juga senang, karena ada yang menyanyikan kembali lagu itu dengan aransemen yang bagus. Lagu itu berjudul Kaputusannyu atau keputusanmu dalam bahasa Indonesia. Bercerita tentang seseorang yang meminta kejelasan mengenai status hubungan yang sedang dijalani.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama