Selamat Jalan Pak DR. Aswandi

Dr. Aswandi saat menjadi narasumber program Forum Ruai

Saya: Pak jadi narasumber talkshow pak
Dr. Aswandi: Apa temanya
Saya: Tentang pendidikan pak
Dr. Aswandi: Seperti biasa ka jam delapan malam Jumat
Saya: Ia pak, bisa pak?
Dr. Aswandi: Boleh...boleh...boleh, saya pakai baju apa, batik ya
Saya: Boleh pak 
Dr. Aswandi: Baik saya datang

Itu yang saya ingat ketika mengundang Dr. Aswandi untuk talkshow di Ruai tv beberapa tahun silam. Beliau sama sekali tidak pernah menolak kecuali sedang berada di luar kota atau sakit.

Yang saya salut dengan beliau ini juga selalu menggunakan sepeda motor, sementara beliau saat itu adalah Wakil Rektor I Untan Bidang Akademik. Selain itu saat tiba di Ruai tv beliau juga selalu awal yaitu pukul tujuh malam. Setelah masuk ke ruang tamu beliau kemudian minta antar ke kamar kecil untuk wudhu dan selanjutnya Salat Isya. Setelah salat sambil menunggu waktu talkshow beliau dengan ramah selalu mengajak saya ngobrol mengenai tema talkshow maupun kehidupan sehari-hari.

Selain diundang, Dr. Aswandi juga sering mengirimkan tema talkshow melalui SMS. Saya ingat persis pernah bertanya kepada beliau "Pak, kenapa sih selalu siap diundang dan selalu menjadi narasumber diberbagai media?" Beliau menjawab "Kita ini hanya sebentar di dunia, karena itu sayang rasanya pemikiran dan ilmu yang kita peroleh tidak dibagikan kepada sesama, intinya ini menjadi bentuk sumbangsih saya tehadap dunia pendidikan".

Yang saya tuliskan ini hanyalah sebagian kecil dari sosok Dr. Aswandi. Dan sore tadi saya menerima kabar duka yang sangat menyentak, sosok yang sangat saya hormati itu wafat di usia 63 tahun. Perasaan pun langsung campur aduk dan tanpa pikir panjang saya pun langsung berangkat ke rumah duka di gang Pak Majid 3, jalan Danau Sentarum, Kecamatan Pontianak Kota.

Selamat jalan pak Dr. Aswandi. Bapak akan selalu dalam kenangan dan di hati saya. Baju batik dan tas yang bapak berikan kepada saya juga masih saya simpan pak. Saya juga ingat, waktu Natal beberapa tahun silam bapak malam-malam mengantarkan bingkisan kue Natal untuk saya dan keluarga pakai motor dengan istri. Bagi saya semua itu luar biasa...istirahat yang tenang ya pak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama