Duplikasi Jembatan Kapuas I Akhirnya Selesai Dibangun

Suasana di kawasan duplikasi Jembatan Kapuas I Pontianak, pukul 07.00 WIB, Senin (18/03/2024).

Selama ini, kawasan Jembatan Kapuas I Pontianak, kerap macet, terutama di jam-jam sibuk, seperti pagi dan sore hari. Untuk melewati jembatan, pengendara harus antre, termasuk saat melewati lampu merah hotel Garuda. Polisi pun terkadang terlihat kewalahan, mengurai kemacetan yang terjadi.

 

Untuk mengatasi kemacetan tersebut, pemerintah membangun duplikasi Jembatan Kapuas I, yang lokasinya berdampingan dengan jembatan lama, atau disebut juga jembatan gandeng, seperti jembatan Landak Pontianak, yang duplikasinya terlebih dahulu dibangun, sehingga mampu mengurai kemacetan yang dulu juga sering parah terjadi, di kawasan tersebut.

 

Setelah sekitar satu tahun pembangunan, duplikasi jembatan Kapuas I akhirnya rampung dibangun pada Maret 2024. Dan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, pada hari Kamis, 21 Maret.

 

Keberadaan jembatan ini adalah kado berharga bagi saya, dan tentunya bagi seluruh masyarakat Kota Pontianak khususnya, dan Kalimantan Barat pada umumnya, terlebih pada momen menjelang hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini. Saya yakin, kemacetan di kawasan jembatan tidak akan lagi terjadi, terlebih saat lebaran nanti.

 

Saya ingat, pada Lebaran tahun 2023 dan tahun-tahun dibawahnya, kawasan ini kerap macet, tak mengenal waktu, pagi, siang, sore, malam, selalu macet, seiring banyaknya warga yang keluar untuk bersilaturahmi pada hari raya.


Kemacetan di kawasan Jembatan Kapuas I, Senin (18/03/2024).

 

Peningkatan volume kendaraan, menurut saya menjadi penyumbang kemacetan di Kota Pontianak. Meski tidak seperti Jakarta, namun tetap terasa pada jam-jam tertentu seperti saat berangkat dan pulang kerja atau sekolah.

 

Ke depan tinggal menunggu, kebijakan-kebijakan seperti apa yang akan dikeluarkan pemerintah, untuk menekan kemacetan arus lalu lintas, seiring semakin meningkatnya volume kendaraan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama