Buat Lagu Berjudul Natal Ini Ku Tak Pulang Lagi


Hari ini saya membuat dan merekam lagu berjudul "Natal Ini Ku Tak Pulang Lagi". Lagu akustik ini terinspirasi dari istri dan seorang teman yang tidak bisa pulang pada perayaan Natal 2021. Dalam percakapan di Facebook, Fransiskus Idul, seorang teman yang kini berada di sebuah perusahaan di Kabupaten Sanggau  mengatakan, sebenarnya rindu ingin pulang, namun karena sesuatu dan lain hal keinginan itu masih sulit terwujud, terlebih masih di tengah pandemi COVID-19.

 

Meski lagu ini sederhana, namun saya berharap bisa mewakili perasaan siapapun yang tidak bisa pulang pada hari Raya Natal tahun ini, termasuk istri saya, yang memilih menahan rindu, untuk tidak pulang ke perbatasan Indonesia-Malaysia Desa Jagoi, Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang.

 

Proses Pembuatan Lagu

Sama seperti lagu-lagu lainnya yang saya buat, pembuatan lagu ini diawali dengan menentukan chord atau kunci gitar. Setelah itu, saya mulai merekam dengan menggunakan Audacity dimulai dari kunci dilanjutkan dengan melodi. Kemudian, saya mulai menulis lirik. Setelah itu menyanyikannya sesuai dengan nada pada chord gitar yang sudah direkam. Tidak ada kendala yang dihadapi selama proses ini berlangsung. Setelah semua proses selesai, saya mengeksport file rekaman dalam bentuk MP3 dan mengauploadnya ke Facebook. Karena sepertinya masih ada yang kurang, saya berencana akan menambah beberapa instrument seperti keyboard, bass dan drum. Jika sudah selesai, file jadinya akan saya upload ke channel YouTube Rayrohani Project.

 

Selamat mendengarkan dan semoga terhibur.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama